Cara Menentukan Lokasi Usaha

July 10, 2013 by: Dipankara

Berbagai macam faktor berkontribusi terhadap keberhasilan atau kegagalan sebuah usaha . Salah satu yang utama ialah lokasi. Pemilihan lokasi yang tepat merupakan sebuah tugas yang harus diselesaikan bahkan jauh-jauh hari sebelum usaha dijalankan. Apapun usaha yang Anda jalankan, sebuah lokasi yang tepat diharapkan dapat memberikan sebuah daya dorong terhadap pertumbuhan usaha secara nyata. Sering ditemui adanya usaha yang kurang berkembang karena terkendala faktor lokasi. Lokasi yang mereka pilih tidak strategis dan kurang menguntungkan dalam sudut pandang bisnis.

Untuk menghindari kekecewaan di kemudian hari karena salah memilih lokasi usaha, tidak ada salahnya Anda simak langkah-langkah berikut ini yang disarikan dari pendapat Karen E. Spaeder dalam artikelnya “How to Find the Best Location”:

Periksa Demografi Anda

Pelajari dengan seksama demografi penduduk di wilayah yang Anda ingin bidik. Jika Anda ingin mendirikan sebuah usaha restoran misalnya, adakan penelitian mengenai tipe gaya hidup, selera, usia, tingkat pendapatan, rumah tangga, dan sebagainya.

Anda juga dapat mengadakan observasi terhadap para pesaing yang sudah lebih dulu mendirikan usaha di wilayah tertentu. Jika suatu jenis usaha kurang bisa bertahan dan meraup untung di suatu wilayah, biasanya  usaha lain yang sejenis juga mengalami hal yang sama.

Sebuah lokasi yang kurang tepat akan membuat Anda harus berjuang ekstra keras agar orang dapat mengenal dan tertarik dengan usaha yang Anda kembangkan. Meskipun tempat tersebut sesuai dengan tema usaha Anda, atau memiliki harga sewa atau jual yang baik namun jika memberikan Anda beban lebih dalam usaha publikasi, mengapa harus bertahan?

Ketahui juga jenis pemukiman apakah yang berada dekat atau mengelilingi tempat usaha Anda, apakah itu sebuah kompleks rumah sakit, pabrik, perkantoran, kampus, sekolah, dan sebagainya.

Dekati Pesaing Anda

Mungkin langkah ini terdengar agak sulit dilakukan. Bagaimana bisa kita menjalankan usaha dengan para pesaing di sekitar tempat usaha kita? Berpikirlah lebih terbuka karena cara ini justru akan memberikan keuntungan lainnya yang tidak terduga, yaitu memanfaatkan hasil dari usaha marketing para pesaing yang menjalankan usaha di sekitar Anda. Dengan mendekatkan lokasi usaha ke tempat usaha pesaing, Anda dapat memangkas biaya-biaya publikasi dan periklanan yang diperlukan untuk menarik orang menuju ke tempat Anda karena pesaing Anda sudah melakukannya. Jadi Anda justru harus berterimakasih pada pesaing yang telah memperkenalkan usaha Anda meski secara tidak mereka sadari.

Mendekati pesaing juga sebuah cara untuk bisa tetap maju karena usaha Anda ditantang secara langsung oleh pesaing. Dengan begini, Anda akan lebih terdorong untuk bekeja keras dalam memberikan yang lebih baik bagi konsumen karena merasa terpacu oleh persaingan yang ketat dengan para pesaing di dekat Anda. Ini akan menciptakan iklim persaingan bisnis yang positif.

Tentu saja Anda tidak bisa sepenuhnya bersandar terhadap pesaing, terutama dalam hal marketing dan evaluasi tentang properti tertentu karena bisa saja apa yang sesuai dan cocok bagi pesaing, justru bisa mematikan usaha Anda. Anda juga harus melakukannya sendiri.

Bantuan Profesional: Perlukah?

Ada kalanya untuk mendapatkan sebuah lokasi yang strategis kita harus berjuang melalui negosiasi dan perundingan yang begitu alot , panjang, dan melelahkan secara emosional.  Jika Anda bukan jenis orang yang suka bernegosiasi atau tidak memiliki banyak waktu untuk melakukannya, sewalah seorang pengacara/ lawyer untuk menjadi juru negosiasi bagi Anda sehingga Anda bisa mendapatkan harga sewa/ beli yang serendah mungkin.

Juga perlu diketahui bagaimana Anda merancang usaha Anda sebagaimana tertuang dalam business plan/ rencana usaha Anda. Sering jenis lokasi bertalian erat dengan sebuah rencana usaha yang telah ditulis sebelumnya. Ketahui juga tujuan-tujuan strategis Anda yang esensial.

Tanyakan Pertanyaan yang Penting

Sejumlah pertanyaan harus ditanyakan jika Anda benar-benar ingin memastikan bahwa sebuah lokasi memang tepat bagi usaha Anda atau tidak:
1. Apakah lokasi tersebut terletak di sebuah daerah yang ditujukan untuk jenis usaha Anda?
2. Apakah lokasi itu cukup memadai untuk usaha Anda (tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar)?
3. Apakah lokasi itu memenuhi syarat tata letak Anda?
4. Apakah bangunannya perlu perbaikan?
5. Apakah pencahayaan, sistem sirkulasi udara dan pendingin udara yang ada sudah memenuhi kebutuhan Anda atau haruskah Anda melakukan penyesuaian?
6. Apakah persyaratan dan ketentuan yang diajukan wajar?
7. Apakah lokasinya mudah diakses dari tempat tinggal Anda?
8. Apakah Anda bisa menemukan sejumlah karyawan berkualitas di daerah itu?
9. Apakah orang yang menjadi sasaran usaha Anda tinggal di sekitar lokasi itu?
10. Apakah daerah perdagangan itu sangat tergantung kepada usaha yang bersifat musiman?
11. Jika Anda memilih sebuah lokasi yang relatif jauh dari basis pelanggan, akankah Anda mampu mendanai biaya iklan yang lebih tinggi?
12. Apakah lokasi itu sesuai dengan pencitraan usaha yang Anda ingin capai?
13. Apakah lokasi itu berada di lingkungan yang aman dengan tingkat kejahatan yang rendah?
14. Apakah pencahayaan dari luar ke dalam area cukup untuk menarik orang yang berkunjung di malam hari dan membuat mereka merasa aman dan nyaman?
15. Apakah usaha-usaha yang berdiri di dekat lokasi itu mungkin menarik pelanggan yang juga akan melindungi usaha Anda?
16. Apakah ada pesaing yang memiliki usaha yang dekat dengan lokasi itu? Jika ada, dapatkah Anda bersaing dengan mereka tanpa mengalami kekalahan dalam bersaing?
17. Apakah lokasi itu dapat diakses dengan mudah oleh para pembeli?
18. Adakah area parkirnya?
19. Apakah lokasi itu dilewati rute angkutan umum?
20. Bisakah para pemasok memasuki daerah itu untuk mengirim persediaan dengan mudah?
21. Jika usaha Anda berekspansi di masa datang, akankah lokasi itu dapat menampung pertumbuhan itu?

Incoming search terms:

pertanyaan untuk penentuan lokasi wirausaha

Leave a Reply