Bermain Garuda Menangkap Tikus

September 29, 2013 by: Dipankara

Setelah sukses menyabet gelar juara hingga tingkat Asia Pasifik, Fahma Waluya Rosmansyah kembali menggebrak jagat game Indonesia. Bocah 13 tahun ini berhasil membuat game yang bertemakan anti korupsi yang telah dipersiapkan sejak setahun kemarin. Game yang bertajuk Raid The Rats ini resmi tersedia di App Store sejak tanggal 19 Juli 2012. Raid the Rats sempat menjadi pembicaraan karena dibuat oleh Fahma yang saat itu masih berusia 12 tahun dan sempat dipresentasikan di depan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Abraham Samad. Sejak semula, game ini dibuat Fahma dengan semangat pemberantasan korupsi.

Dibandingkan versi beta dari game ini, Raid the Rats, memiliki beberapa perbedaan pada segi visual maupun sistem permainan. Sayangnya game ini untuk sementara waktu baru bisa dioperasikan di platform iOS. Game yang sebelumnya diberi nama Raid The Mice ini memang dibuat dengan XCode, yang biasa dipakai untuk pengembangan di Mac OS maupun iOS.  Sewaktu dimainkan, beberapa perbedaan yang cukup mencolok dari game ini adalah penggunaan karakter garuda sebagai tokoh utama, menggantikan robot pada versi beta. 


Alih-alih tembakan, karakter garuda membawa bambu yang bisa menembak layaknya meriam ke arah tikus yang berlarian dari arah kanan layar menuju kiri layar. Seperti Raid the Mice, sistem permainan di Raid the Rats masih tetap sama, tokoh utama harus menghalangi tikus yang ingin mencapai bagian kiri layar dengan ditembak. Namun cara bermain agak sedikit berbeda, karena kontrolnya menjadi sedikit lebih rumit dengan melibatkan dua tangan. Jari tangan kanan mengarahkan tembakan sementara jari tangan kiri menggerakkan karakter protagonis.

Leave a Reply